SALAH
seorang yang berjasa dalam pengembangan pariwisata adalah supir. Mengapa
demikian? Ketika serombongan wisatawan ingin mendatangi sesuatu lokasi dengan
bus, yang terdekat tempat mereka bertanya adalah pak supir. Dimana tempat
belanja murah? Di mana tempat makan enak? Dan di mana-di mana pertanyaan
lainnya.
Sudahkah kita peduli dengan pak supir ini?
Kita yang saya maksud di sini, bisa pengelola suatu tempat perbelanjaan, pemilik
rumah makan, tempat jual oleh-oleh dan lain sebagainya. Saya contohkan ketika
wisatawan berbelanja di Pasar Bawah, Pekanbaru. Bagaimanakah nasib pak supir
kita? Mudahkah mereka mencari tempat parkir. Di mana mereka istirahat? Makannya
bagaimana?
Saya yakin, pak supir kita tetap
istirahat. Seadanya mungkin. Makan, ya tentulah. Pakai uang dari kantongnya.
Coba kita pikir, berapalah gaji pak supir kita untuk satu hari. Makanya, perlu
tips untuk pak supir. Mungkin pengelola suatu tempat menyediakan tempat
istirahat. Atau memberikan tips sekadar pembeli makan. Saya yakin, supirnya
senang. Dan akan kembali membawa rombongan ke tempat Anda.(*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar